Saturday, January 1, 2000

Sejarah Pramuka Dunia


Kata "pramuka" hanya dipakai di Indonesia sedangkan di dunia pramuka disebut Scout. Gerakan yang juga disebut Scout Movement atau Scouting ini bertujuan untuk pengembangan para pemuda secara mental, spiritual dan fisik. Sejarah pramuka di dunia sendiri dimulai pada 25 Juli 1907 ketika Lord Robert Baden Powell saat itu menjabat sebagai Letnan Jendral tentara Inggris untuk pertama kalinya melaksanakan perkemahan pramuka selama 8 hari di pulau Brown Sea, Inggris. Perkemahan tersebut ia adakan sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan, beliau menerapkan scouting secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan berkemah di pulau Brownsea.
      Awal tahun 1908, Baden Powell menulis pengalamannya tentang dasar kepramukaan dalam sebuah buku berjudul “Scouting for Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain. Kemudian berdiri organisasi kepramukaan untuk laki-laki dengan namaBoys Scout.
      Pada tahun 1912 dengan bantuan Agnes (adik perempuannya) maka terbentuklah organisasi pramuka untuk wanita dengan nama "Girls Guides", yang kemudian diteruskan oleh istri Baden Powel.
Tahun 1914 beliau menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka dan baru dapat terlaksana tahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F. de Bois Maclarren, beliau mendapat sebidang tanah di Chingford yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka dengan nama Gilwell Park.
      Pada tahun 1916 didirikanlah kelompok pramuka siaga dengan nama CUB (anak srigala). Pedoman kegiatan yang dilakukannya merujuk pada sebuah buku karangan Rudyard Kipling dengan judul "The Jungle Book" yang bercerita tentang Mowgli, Si Anak Rimba yang dipelihara oleh induk serigala di dalam hutan.
      Pada tahun 1918 Baden Powell membentuk Rover Scout, yaitu organisasi pramuka yang ditujukan bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. Kemudain pada tahun 1922 Baden Powell menerbitkan buku dengan judul "Rovering To Succes" (Mengembara menuju bahagia) yang bercerita tentang seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia dengan melewati 5 karang kehidupan.
      Tahun 1920 adalah tahun yang sangat krusial pada sejarah pramuka dimana untuk pertama kalinya di laksanakan Jambore dunia yaitu di adakan di Olympia Hall, London. Dalam kegiatan itu diundang peserta dari 27 Negara dan pada jambore pertama Lord Robert Baden Powell diangkat sebagai Chief Scout of The World (Bapak Pandu Sedunia) pada hari terakhir (6 Agustus 1920).
      Selain jambore dunia pada tahun 1920 dibentuk Dewan Internasional dengan 9 orang anggota dan Biro Sekretariatnya di London, Inggris dan tahun 1958 Biro Kepramukaan sedunia dipindahkan dari London ke Ottawa Kanada. Tanggal 1 Mei 1968 Biro kepramukaan Sedunia dipindahkan lagi ke Geneva, Swiss.
Biro Kepramukaan sedunia Putra mempunyai 5 kantor kawasan yaitu Costa Rica, Mesir, Philipina, Swiss dan Nigeria. Sedangkan Biro kepramukaan Sedunia Putri bermarkas di London dengan 5 kantor kawasan di Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika dan Amerika Latin.

Pelaksanaan Jambore dunia:
·         Jambore ke I Tahun 1924 di Olympia Hall, London
·         Jambore ke II Tahun 1924 di Ermelunden, Copenhagen, Denmark
·         Jambore ke III Tahun 1929 di Arrow Park, Birkenhead, Inggris
·         Jambore ke IV Tahun 1933 di Budapest, Hongaria
·         Jambore ke V Tahun 1937 di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
·         Jambore ke VI Tahun 1947 di Moisson, Prancis
·         Jambore ke VII Tahun 1951 di Salz Kamergaut, Austria
·         Jambore ke VIII Tahun 1955 di Sutton coldfild, Inggris
·         Jambore ke IX Tahun 1959 di Makiling, Philipina
·         Jambore ke X Tahun 1963 di Marathon, Yunani
·         Jambore ke XI Tahun 1967 di Idaho, Amerika Serikat
·         Jambore ke XII Tahun 1971 di Asagiri, Jepang
·         Jambore ke XIII Tahun 1975 di Lillehammer, Norwegia
·         Jambore ke XIV Tahun 1979 di Neishaboor, Iran (dibatalkan)
·         Jambore ke XV Tahun 1983 di Kananaskis, Alberta, Kanada
·         Jambore ke XVI Tahun 1987 di Cataract Scout Park, Australia
·         Jambore ke XVII Tahun 1991 di Korea Selatan
·         Jambore ke XVIII Tahun 1995 di Belanda
·         Jambore ke XIX Tahun 1999 di Chili, Amerika Serikat
·         Jambore ke XX Tahun 2003 di Thailand
·         Jambore ke XXI Tahun 2007 di Taman Hylands, Chelmsford, Essex, Inggris
·         Jambore ke XXII Tahun 2011 di Rinkaby, Kristianstad, Scania, Swedia
·         Jambore ke XXIII Tahun 2015 di Pantai Kirara, Yamaguchi, Jepang

·         Jambore ke XXIV Tahun 2019 di The Summit Bechtel Family National Scout Reserve, Amerika Serikat

No comments:

Post a Comment