Saturday, March 22, 2014

TUNAS CIPTA KARYA

TUNAS CIPTA KARYA
Ambalan Garuda-Shima tentunya memiliki beberapa rancangan kegiatan terprogram. Adapun salah satu kegiatan tersebut yang merupakan kegiatan andalan dan berhasil mengenalkan Ambalan Garuda-Shima dengan pandangan positif pada tingkat daerah, yaitu Tunas Cipta Karya. Tunas Cipta Karya bertujuan untuk menumbuhkembangkan kreativitas Anggota Ambalan. Peserta dari kegiatan Tunas Cipta Karya adalah Dewan Ambalan Garuda-Shima dan Anggota Sangga Wiratama.
Kegiatan Tunas Cipta Karya biasanya diadakan sebelum Ulangan Tengah Semester 2 yang mana sebagai refreshing anggota pramuka sebelum menunaikan tugas rutin pelajar setelah belajar di sekolah. Kegiatan Tunas Cipta Karya setiap tahunnya berpindah lokasi sehingga lebih banyak ilmu yang diterima dari berbagai media.
Tunas Cipta Karya tahun ini telah dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2014 di Sentra Kerajinan Keramik Tera Berkarya, Kajongan, Purbalingga. Di sana anggota pramuka diajarkan beberapa teknik membuat keramik dari tanah liat, yang biasanya tanah liat tidak bernilai ekonomis tinggi dan merubah itu dengan nilai estetika serta ekonomis tinggi. Bahan-bahan yang digunakan pada proses pembuatan maupun penghiasan tidak rumit dan bahkan dapat dikatakan sederhana. Banyak sekali pelajaran baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya, mengasah keuletan, ketelitian, kesabaran, sampai bagaimana mengontrol emosi dengan baik.
Berikut beberapa dokumentasi seputar TCK :


Kebersihan setelah kegiatan

Tekhnik ukir oleh beberapa Sawir juga Pembina

Beberapa Dewan Ambalan mengukir keramik

Hasil Keramik menggunakan cara tradisional (putar)


Thanks for Reading ^^



No comments:

Post a Comment