Tuesday, October 23, 2012

Scout Is Old School? Think Again!



Pramuka memiliki kode kehormatan yang tidak pernah berubah hingga kini. Perubahan tersebut dianggap tidak perlu karena kode kehormatan kita mampu sesuai dengan perkembangan zaman akan tetapi apakah berarti segala sesuatu tentang Pramuka tidak boleh diubah? Tentu saja tidak! Kita dapat mengubah ataupun menyesuaikan metode yang digunakan dalam Pramuka dengan zaman sekarang. Percayalah bahwa ini mudah untuk dilaksanakan yang terpenting ada niat tentunya.


Sebenarnya modernisasi Pramuka itu tidak sesulit yang dibayangkan karena sesungguhnya alat dan bahan yang sudah ada dapat menunjang dengan baik tujuan tersebut. Bisa kita ambil contoh, coba anda buka google dan cobalah mencari lagu dari baba blacksheep yang berjudul ayo Pramuka dan cobalah dengarkan. Dijamin bukan suara penyanyi seriosa yang pertama didengar melainkan distorsi gitar yang datang menyambut. Lagu tersebut akan membuat Pramuka lebih mudah diterima terutama oleh generasi muda tentunya.


Selain itu tentu saja ada lagi,saya yakin pembaca pernah mendengar ataupun menggunakan yang namanya LCD Projectour kan? Pernah terpikir untuk menggunakannya dalam kegiatan Kepramukaan? Jika pernah berarti laksankanlah, jika belum,why not!? Dengan adanya software untuk presentasi (contoh,Powerpoint) dan LCD maka pembelajaran kepramukaan akan lebih menarik untuk diikuti dibandingkan hanya menggunakan sarana seperti boardmarker dan whiteboard.


Butuh contoh lagi? Contoh berikutnya adalah menggunakan gadget seperti, walkie talkie, Global Positioning System (GPS) ,& Google Maps. Alat – alat tersebut mudah sekali untuk didapat atau setidaknya dipinjam. Dengan menggunkan perlatan seperti itu Pramuka akan menjadi lebih mengenal teknologi dan fleksibel lagi. Jika dipikir – pikir, kira – kira kerenkan kalau anak Pramuka bisa menggunakan alat seperti GPS.




Selain contoh – contoh di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang dapat diterapkan untuk mengubah ke-old school-an Pramuka, belum lagi ditambah kekreatifan kakak – kakak sekalian yang kami yakin dapat membuat Pramuka menjadi idaman lagi.

Thanks for reading!

No comments:

Post a Comment